Selasa, 16 Mei 2017, 22:20

PPMN III, Ketika Anak Jakarte Ikut Melansir Talibun

Pramuka Madrasah Berlari Menuju Podium Utama Untuk Pembacaan Talibun

Bangka Tengah (Inmas) Panas terik mulai menyengat siang tadi di Bumi Perkemahan Selawang Segantan, Bangka Tengah, Selasa (16/5). Namun pekikan suara Pramuka Madrasah Peserta Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III tetap menggema di seantero bumi perkemahan.

Salam.... salam... salam... Pramuka Madrasah Cinta NKRI...

Pekikan itu merupakan salah satu bait talibun yang dilansir. Talibun dilansir oleh seluruh Pramuka Madrasah yang hadir saat itu, termasuk oleh Kontingen Pramuka Madrasah DKI Jakarta. Sebagai anak-anak yang tinggal dan besar di tanah Betawi, Ahmad Sonhaji dan 15 teman lainnya hanya mengenal talibun dari pelajaran sekolah.

Jenis puisi lama yang biasa didengar dan dipraktekan langsung oleh anak-anak Jakarte ini adalah pantun. Maka, ikut menjadi pelansir talibun dalam kegiatan pembukaan PPMN III menjadi pengalaman baru bagi mereka.

Talibun sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan bentuk puisi lama dalam kesusastraan Indonesia (Melayu) yang jumlah barisnya lebih dari 4, biasanya antara 1620, serta mempunyai persamaan bunyi pada akhir baris (ada juga seperti pantun, dengan jumlah baris genap, seperti 6, 8, atau 12 baris). Sementara pembacanya disebut Pelansir.

"Pas denger pertama Kak Lukman Hakim (Menag-red) baca pertama kali, bahasa apa niy? Eh pas ada pekikan 'salam... salam... salam... Pramuka Madrasah Cinta NKRI'. Baru deh kita semua ngeh," cerita Siti Mutiara Faradisa, siswi MAN 11 Jakarta. Menurutnya, dia dan teman-temannya telah mengetahui bait talibun tersebut, karena sudah pernah mendengar langsung dari Kak Mardani, pemrakarsa Gebyar Pantun Melayu Talibun.

"Kak Mardani sempat ajarkan kita waktu kemarin di training center (TC) Ragunan," sambung Faradisa.

Pada pembukaan PPMN III, telah dipecahkan rekor dunia Pramuka Pelansir Talibun Terbanyak. "Telah dicatatkan terdapat sebanyak 2.172 Pramuka yang telah melansirkan talibun pada pagi hari ini. Karenanya, kami mewakili MURI mencatatkan peristiwa pagi hari ini sebagai rekor dunia," kata perwakilan MURI Faisal Nadirahman disambut tepuk tangan hadirin.

Menurutnya, MURI merupakan lembaga yang mencatatkan prestasi, karya dan karsa anak bangsa Indonesia. "Kami merasa terhormat untuk menjadi saksi dalam pencatatan rekor MURI, yaitu Melansir Talibun oleh pramuka terbanyak," ujarnya. /ilm

Berita Lainnya
Rabu, 24 Mei 2017, 17:19

Kanwil Kemenag DKI Jakarta Gelar Seleksi KSM Tingkat Provinsi

Jumat, 19 Mei 2017, 19:54

Karnaval Pramuka Madrasah 34 Propinsi, Ondel-Ondel Jakarta Tetap Dinanti

Jumat, 19 Mei 2017, 13:29

Spanduk Kontingen DKI Jakarta, Terbanyak Ramaikan PPMN III

Rabu, 17 Mei 2017, 18:21

Nyok Kite Poto Bareng Ondel-ondel di PPMN III

Rabu, 17 Mei 2017, 11:09

Kontingen DKI Jakarta Ikuti Lomba Orientering PPMN III