Senin, 17 April 2017, 16:49

DISTRIBUSI NASKAH SOAL USBN/UAMBN KKM MTSN 19 JAKARTA

Kegiatan Serah Terima Naskah Soal di KKMT 19

Jakarta (Humas MTsN 19 Jakarta) -- Rangkain ujian kelas IX MTs sudah masuk pada ujian USBN/UAMBN, selama sepekan ke depan siswa-siswa akan menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). Guna mencapai tujuan madrasah yang berintegritas, bukan saja saat pelaksanaan ujian berlangsung, persiapan distribusi soal pun harus dijaga kerahasiaanya. Distribusi soal ujian berstandar nasional ini dimulai dari serah terima kepala Kantor Kementerian Agama Selatan kepada ketua subrayon (SR) 21 di MTsN 3 Jakarta Selatan, diteruskan serah terima naskah soal dari ketua sub rayon kepada ketua KKMTs 19 Cilandak, selanjutnya didistribusikan ke tiap-tiap madrasah penyelenggara ujian berstandar nasional.

Khusus pendistribusian naskah soal USBN/UAMBN oleh KKM MTsN 19 Cilandak yang mengkoordinir 8 madrasah binaanya dilangsungkan pada pagi hari sejak pukul 06.00 hingga menjelang pukul 07.00 WIB. Panitia KKM MTsN 19 terlihat sudah siap di madrasah sejak pagi, kesibukan sudah terlihat sebelum matahari terbit di ufuk timur. Sebelum panitia penyelenggara USBN/UAMBN mengambil soal, panitia KKM MTsN 19 sudah menyiapkan paket soal yang akan diujikan hari ini, lengkap dengan berita acaranya.

Pengambilan paket naskah soal dilakukan per hari dua bidang studi yang diujikan setiap harinya, soal harus diambil setiap hari sesuai dengan bidang studi yang diujikan oleh panitia penyelenggara ujian di tiap-tiap madrasah. Demikian ungkap ketua KKMTs 19 Cilandak, Retno Dewi Utami. Berdasarkan POS USBN/UAMBN 2017, pendistribusian soal dilakukan setiap hari sesuai dengan jadwal bidang studi yang diujikan saat itu, hal ini dilakukan agar kerahasiaan soal yang diujikan tetap terjaga dan kecurangan dalam pelaksanaan USBN/UAMBN dapat diminimalisir.

Ditambahkan pula bahwa panitia penyelenggara USBN/UAMBN yang mengambil paket naskah soal harus membawa surat tugas atau surat mandat dari madrasah asal, tanpa surat tugas atau berita acara dari madrasah asal, paket soal tidak dapat diserahterimakan, demikian lanjut Retno Dewi ini tegas. Surat tugas itu wajib dibawa, setiap hari, setiap kali pengambilan paket soal.

Hari pertama pelaksanaan USBN/UAMBN, Senin 17/04 dua bidang studi yang diujikan adalah bidang studi Quran Hadits dan Akidah Akhlak dengan durasi tiap-tiap bidang studi sebanyak 90 menit. Pelasanaan USBN/UAMBN dimulai pukul 08.00 dab berakhir pada pukul 11.30. Setelah pelaksanaan ujian, panitia harus segera menyerahkan LJK dan berita acara pelaksanaan USBN/UAMBN ke subrayon penyelenggara, yaitu MTsN 3 Jakarta Selatan. Semoga dengan alur distribusi soal yang telah dibuat secara sistematis, semboyan Melejitkan Prestasi dengan Integritas Tinggi dapat terwujud. (rDha)

Berita Lainnya
Selasa, 9 Mei 2017, 19:47

Monitoring Mutu Pendidikan, Kabag TU Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta monev UNBK di MTsN 32 Jakarta

Selasa, 9 Mei 2017, 16:16

Pra Daftar Ulang dan Verifikasi Raport Rangkaian PPDB MTs Online 2017-2018

Senin, 8 Mei 2017, 23:39

MTS N 39 JAKARTA SUKSES LAKSANAKAN UNBK TA. 2017-2018

Senin, 8 Mei 2017, 15:32

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 di MTs. Negeri 36 Jakarta Berjalan Tertib dan Lancar

Senin, 8 Mei 2017, 14:46

Guru - Guru Yang Mengawas UNBK di MTs.N 35 Jakarta