Senin, 20 Maret 2017, 18:35

KUNJUNGAN KAMPUS PESERTA OBSERVASI LAPANGAN KELAS XI MAN 9 JAKARTA KE UGM YOGYAKARTA

Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) -- Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu tempat kunjungan OL kelas 11 MAN 9 Jakarta. Kunjungan Kampus UGM ini dilakukan pada hari Senin (20/03).

Tiba di kampus UGM sekitar pukul 08.30 WIB, rombongan berfoto bersama di depan Auditorium Universitas Gadjah Mada.Dimulai dari kelas XI IPA-1 didampingi wali kelasnya Ibu Dra. Hj. Rismimin Maryam, XI IPA-2 didampingi wali kelasnya ibu Hj. Ardiyani, S.Pd.I, kelas XI IPA-3 didampingi wali kelasnya Ibu Putri Idamayanti, S.Pd, Kelas XI IPS-1 didampingi wali Kelasnya Ibu Hj. Siti Fatimah,S.Pd.I, Kelas XI IPS-2 didampingi wali kelasnya Arif Rahmat Akbar, S.Sos, dan Kelas XI Keagamaan didampingi wali kelasnya Ibu Budi Winarsih,S.Ag. Sesi foto ini diakhiri dengan foto bersama seluruh kelas berikut dengan wali kelas dan guru pendamping. Setelah sesi foto berakhir, rombongan OL masuk ke Auditorium Utama Graha Sabha tempat berlangsungnya acara pengenalan Kampus UGM.

Acara pengenalan kampus UGM ini dipandu oleh Riandika Aditya Bagian Humas dan Protokol UGM. Pada kesempatan pertama, pihak UGM memberikan kesempatan kepada perwakilan Guru MAN 9 Jakarta untuk menyampaikan maksud dan tujuan berkunjung ke UGM. Dalam sambutan yang disampaikan oleh Bapak Riher Agus Maualana Rustama,S.T selaku Pembina OSIS dan Staf Kesiswaan MAN 9 Jakarta beliau menyampaikan tujuan dilakukannya kunjungan kampus ini. Di antaranya adalah untuk mengenal lebih dekat kampus UGM dan juga untuk memotivasi peserta agar lebih bersemangat menuntut ilmu ke jenjang yg lebih tinggi terutama UGM yang menjadi kampus impian dua tahun yang akan datang.

Disampaikan pula bahwa terdapat 2 alumni MAN 9 Jakarta yang saat ini menjadi Mahasiswa UGM, yaitu Ahmad Syaikhu (2012) mahasiswa Fakultas MIPA jurusan Fisika dan Tommy (2014) mahasiswa Fakultas Biologi jurusan Biologi. Kedua alumni tersebut berkesempatan hadir dalam kunjungan kampus tersebut.

Sebelum disampaikan paparan oleh Dyana Rakhmasari Kusumaningsih, S.E, perwakilan dariDirektorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, pemandu acara Riandika Aditya, meminta peserta untuk menyampaikan pendapatnya mengenai UGM. Dalam kesempatan tersebut,Meiranda Jasmine peserta dari OL dari kelas XI IPA 2 menyampaikan pandangannya bahwa UGM merupakan salah satu dari 10 Universitas terbaik di Indonesia, serta mahasiswa/i yang diterima di UGM adalah siswa/i terbaik di sekolahnya.

Dalam paparan materi pertamanya, ibu Dyana Rakhmasari Kusumaningsih, S.E menyampaikan profil singkat UGM. Peserta OL diajak mengetahui proses menjadi mahasiswa UGM, 18 fakultas dan berbagai jurusan serta program studi yg ada di UGM. Setelah paparan disampaikan dilakukan sesi tanya jawab. Peserta OL cukup antusias bertanya. Beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan adalah Aditya Yoga, Meiranda Jasmine, Salsabila Yasser, Muhammad Ridlo dan Assyifani Rahmah.Di antara pertanyaan yg mereka ajukan adalah meliputi perbedaan D4 dan S1, prospek jurusan agronomi dan agribisnis, jalur beasiswa non akademik, dll.

Dalam sesi tanya jawab ini, ibu Dyana Rakhmasari Kusumaningsih,S.E, sekaligus mengklarifikasi anggapan yang menyatakan bahwa untuk masuk UGM membutuhkan biaya hingga ratusan juta. Disampaikan bahwa sesungguhnya UGM tidak menerapkan uang pangkal atau uang gedung. Ibu Dyana Rakhmasari Kusumaningsih,S.E, pun menyampaikan bahwa UGM hanya melakukan penerimaan mahasiswa baru pada semester ganjil saja. Jadi kalau ada tawaran masuk ke UGM pada semester genap, maka sudah bisa dipastikan bahwa hal tersebut adalah kabar yang tidak benar.

Acara Kunjungan Kampus ini diakhiri dengan bertukar cinderamata dari kedua belah pihak. Penyampaian cinderamata diiringi doa, semoga tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang akan semakin banyak siswa/i MAN 9 Jakarta yang berkesempatan menjadi bagian dari civitas akademika Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Sumber Berita: SR,UR dan ARA.

Berita Lainnya
Jumat, 19 Mei 2017, 15:09

Opening Isra Mi’raj MAN 4 Jakarta

Jumat, 19 Mei 2017, 14:45

Alumni OSIS/MPK Melaksanakan Program Peduli Kasih Secara Mumpuni IQOMAT

Rabu, 17 Mei 2017, 09:15

OSIS/MPK MAN 4 Jakarta Tebar Amalan di Bulan Syaban

Selasa, 16 Mei 2017, 08:18

Kegiatan Dua Pekan pada MAN 21

Rabu, 10 Mei 2017, 09:25

Berikan Motivasi dan Evaluasi Proses KBM Siswa