Senin, 20 Maret 2017, 18:32

MONITORING STAF KURIKULUM PENMAD KANWIL KEMENAG DKI KE MAN 9 JAKARTA

Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) -- Hari pertama berlangsungnya kegiatan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) dan UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional), staf Kurikulum Pendidikan Madrasah (Penmad) Sri Purnomowati dan Abdul Azis A melakukan monitoring ke Man 9 Jakarta.

Alhamdulillah hari pertama pelaksanaan USBN dan UAMBN, seluruh siswa yang berjumlah 228 orang, semua hadir. Ujian berjalan tertib dan lancar. Sebelum memulai ujian, pada pukul 06.30 WIB, seluruh peserta ujian bersama panitia dan pengawas mengikuti kegiatan apel. Pengawas yang bertugas di Man 9 Jakarta merupakan guru yang mengajar di KKM 9 dan MAN 18 Jakarta. Dengan adanya pertukaran pengawas ini, diharapkan ujian dapat berlangsung dengan lebih fair.

USBN dan UAMBN akan berlangsung dari hari Senin-Jumat tanggal 20-24 Maret 2017. Mata pelajaran yang diujian untuk USBN adalah Biologi, Sejarah, PKn, Kimia, dan Fisika untuk program IPA. Untuk program IPS mata pelajaran yang diujikan adalah Geografi, Sejarah, PKn, Sosiologi, dan Ekonomi. Untuk program Keagamaan, mata pelajaran yang diujikan adalah Sejaran dan PKn. Sedangkan untuk UAMBN, mata pelajaran yang diujikan adalah Al Quran Hadits, Fikih, Bahasa Arab, Akidah Akhlak, dan SKI, untuk program IPA dan IPS. Untuk program Keagamaan, mata pelajaran UAMBN yang diujikan yaitu Kalam, Tafsir, Fikih, Hadits, Bahasa Arab, Akhlak, dan SKI.

Soal USBN dibuat dengan standar soal yang sudah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Soal-soal yang telah ditetapkan BSNP itu merupakan kisi-kisi soal yang telah disusun dan dibuat oleh Kemdikbud. Persentase soal yang telah dibuat oleh Kemdikbud ialah sebesar 20-25 persen, kecuali mata pelajaran Pendidikan Agama. Sebab, penyusunan soal Pendidikan Agama dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Sisa 75-80 persen soal USBN 2017 itu kemudian disusun oleh guru sekolah yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Dengan kata lain, kisi-kisinya akan sama tiap sekolah meski pada bentuk soalnya nanti akan berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya.Soal-soal tersebut nantinya juga dibuat dalam beberapa paket soal. Masing-masing paket soal akan terdiri dari soal bertipe pilihan ganda dan soal uraian. Dengan demikian, meski satu sekolah, bisa jadi antar peserta mendapatkan jenis soal yang berbeda.

Pada pelaksanaannya, sekolah akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan di Tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota. Untuk sekolah tingkat SMA/K sederajat, pelaksanaan USBN-nya akan dipantau Dinas Pendidikan Tingkat Provinsi. Sedangkan, untuk tingkat SMP, pelaksanaannya akan dipantau Dinas Pendidikan Tingkat Kabupaten/Kota.

Semoga mulai dari hari pertama sampai hari terakhir, USBN dan UAMBN dapat berjalan dengan tertib dan lancar, serta seluruh siswa dapat menempuhnya dengan baik dan mendapatkan hasil terbaik. Aamiin. (TLSA)

Berita Lainnya
Selasa, 9 Mei 2017, 17:14

KONSEP OUTING CLASS DI MAN 21 JAKARTA

Selasa, 9 Mei 2017, 17:09

Makna Kebersamaan Pada MAN 21

Selasa, 9 Mei 2017, 17:02

MAN 21 JAKARTA MASIH ADA HARAPAN

Selasa, 9 Mei 2017, 16:52

GO GREEN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MAN 21 JAKARTA

Selasa, 9 Mei 2017, 13:27

SISWA MAN 13 JAKARTA MELAJU KE TINGKAT NASIONAL DALAM AKSIOMA 2017