Senin, 20 Maret 2017, 18:28

GURU MAN 9 JAKARTA MENGIKUTI DIKLAT KPS

Jakarta (Humas MAN 9) -- Drs. H. M. Ridwan, utusan MAN 9 Jakarta yang mengikuti Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah (KPS) Angkatan VIII Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Perpusnas RI di Hotel Ibis Harmoni pada tanggal 5 s.d. 19 maret 2017. Peserta diklat sebanyak 30 orang dari berbagai provinsi di Indonesia. Mayoritas peserta adalah guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala perpustakaan walau ada juga yang pustakawan murni. Tenaga pengajar di diklat KPS ini merupakan widyaiswara ahli di bidangnya, yang berasal dari Perpustakaan Nasional RepubIik Indonesia. Diklat ini setara dengan 120 Jam Pelajaran.

Kegiatan dalam diklat ini yaitu pembekalan materi perpustakaan sekolah, di antaranya yaitu Manajerial Perpustakaan, Literasi Informasi, dan Pembuatan Makalah dan diseminarkan. Pada kegiatan yg ke-3; Drs. H. M. Ridwan dan teman-teman sekelompoknya yang berasal dari Riau, Tanggerang, Gresik, Lombok, Makasar, juga yang sama-sama berasal dari Jakarta mencoba mengetengahkan makalah tentang Perpustakaan MAN 9 Jakarta dengan judul "Analisis Pengelolaan Perpustakaan MAN 9 Jakarta". Pokok-pokok materi yang menjadi inti pembahasan dalam seminar adalah sebagai berikut:

  1. Pengadaan dan pengembangan bahan pustaka. Pengadaan bahan pustaka bisa bersumber dari pembelian, hadiah dari siswa, lembaga lain atau melalui tukar menukar koleksi dengan perpustakaan lain.
  2. Pengelolaan bahan pustaka. Pengelolaan bahan pustaka membahas bagaimana bahan pustaka dikelola untuk memudahkan kembali temu informasi baik oleh Pemustaka dan Pustakawan itu sendiri baik secara katalogisasi maupun melalui sistem aplikasi komputer (otomasi perputakaan).
  3. Layanan membahas mengenai sirkulasi peminjaman dan pengembalian bahan pustaka.
  4. Pelestarian Bahan Pustaka, membahas mengenai macam koleksi pustaka, pemeliharaan dan perawatan bahan pustakaan.

Materi penunjang dalam Diklat KPS pada Angkatan VIII Th. 2O17 adalah Praktik Lapangan ke Perpustakaan Nasional RI dan Studi Banding ke Perputakaan SMA Santa Ursula yang berlokasi di belakang Gereja Katedral.

Karya cetak berupa buku, majalah, atau koran; karya rekam (CD Film), karya seni (lukisan) adalah beberapa benda yang dapat disimpan didalam perpustakaan dan menjadi bahan pustaka.

Semoga dengan adanya kesempatan baik kepala perpustakaan MAN 9 Jakarta mengikuti diklat ini, akan membuat perpustakaan MAN 9 Jakarta berkembang lebih baik lagi, bahkan bisa menjadi perpustakaan sekolah yang menjadi rujukan. (TLSA).

Berita Lainnya
Jumat, 24 Maret 2017, 15:48

TERKAIT MADRASAH PESAN KH. HASYIM MUZADI AGAR MENJADI KENYATAAN

Jumat, 24 Maret 2017, 14:33

Dua Orang Guru MAN 9 Jakarta Mengawas UAMBN/USBN di MAS Al Hidayah Jatibening II

Jumat, 24 Maret 2017, 14:27

Wisata Edukasi Siswa Kelas XI MAN 22 Jakarta di SkyWorld Indonesia

Jumat, 24 Maret 2017, 10:58

Siswa Kelas XI MAN 22 Jakarta Kunjungi Gedung DPR RI

Jumat, 24 Maret 2017, 07:48

Guru Ini Menempuh Jarak Puluhan Kilometer Menuju Tempat Tugas Mengawas UAMBN