Senin, 13 Maret 2017, 16:12

OSIS MAN 2 GELAR SEMINAR SEHARI GERAKAN BERSAMA INDONESIA TANPA PACARAN

Seminar Sehari Gerakan Bersama Indonesia Bebas Pacaran

Jakarta (Humas MAN 2) -- OSIS MAN 2 Jakarta menggelar Seminar Sehari Gerakan Bersama Indonesia Bebas Pacaran di halaman Madrasah, pada Senin (06/03). Dalam seminar sehari tersebut, menampilkan pembicara La Ode Munafar seorang Motivator sekaligus pencetus gerakan tersebut dan juga penulis novel.

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengajak siswa-siswi untuk menghindari pacaran. La Ode Munafar menjelaskan bahwa yang mendekati zina adalah haram. Terutama berpacaran yang lebih banyak mudharatnya dibandingkan menunggu jodoh sampai halal. Jodoh itu tidak perlu dicari, karena Allah SWT sudah menyiapkan jalan yang terbaik agar kita dapat bertemu jodoh terbaik.

Antara perempuan dan laki-laki yang bukan muhrimnya sangat dilarang untuk berkhalawat. Hendaknya setiap murid dilingkungan sekolah yang mencampur antara perempuan dan laki-laki dapat menahan diri. Rasa suka memang wajar terjadi, akan tetapi lebih baik apabila rasa suka itu dialihkan menjadi sesuatu yang lebih berharga, yang lebih berguna dibandingkan berpacaran ataupun tidak berpacaran namun seperti berpacaran, seperti teman namun melewati batas.

Tak hanya pacaran lewat fisik, namun lewat media sosial juga dilarang. Seorang perempuan dan laki-laki yang bukan muhrim chatingan hanya berdua tanpa kepentingan yang mendesak juga tidak baik. Karena orang lain tidak memiliki akses untuk ikut dalam pembicaraan dan pikiran kedua belah pihak akan saling bertemu yang pada akhirnya akan menjurus kepada kemaksiatan.

Menurut pandangan Islam bahwa dalam kegiatan muamalah atau interaksi kepada sesama manusia, segala perbuatan asalnya adalah boleh, hingga ada dalil yang melarangnya, maka perbuatan tersebut menjadi haram, termasuk pacaran.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia karya Purwodarminto, pacaran berarti Pergaulan antara laki-laki dan perempuan, bersuka-sukaan mencapai apa yang disenangi mereka.

Dalam masalah pacaran ini ternyata bisa kita dapati bahwasanya ada dalil di dalam Al Quran dan Hadist yang melarangnya, ayat tersebut adalah:

Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. (Q.S.Al. Isra: 32 )

Sedangkan Al-Hadist dari Ibnu Abbas ra. Ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW berkhutbah, ia berkata; jangan sekali-kali seorang laki-laki berkhalawat dengan seorang perempuan kecuali beserta ada mahramnya, dan janganlah seorang perempuan melakukan musafir kecuali beserta ada mahramnya. (Muttafaqun Alaihi)

Dengan dasar kedua dalil tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa secara umum, bahwa pacaran di larang didalam Islam. Untuk itu hendaknya setiap remaja khususnya siswa-siswi madrasah mampu menghindari kegiatan berpacaran yang akan membawa kepada kemaksiatan.

Berita Lainnya
Rabu, 29 Maret 2017, 15:40

DJJ Online Gelombang I Sudah dimulai, 9 Guru MAN 22 Jakarta Ikuti DJJ Model Pembelajaran

Rabu, 29 Maret 2017, 14:57

Paskibra MAN 22 Jakarta Raih Juara Madya 1 Se-Jawa Barat dan DKI Jakarta (Open)

Rabu, 29 Maret 2017, 14:15

MAN 9 Jakarta Kembali Mengikuti TryOut Ujian Nasional Yang Diselenggrakan Oleh Diknas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Rabu, 29 Maret 2017, 12:17

Pengurus OSIS MAN 22 Jakarta Hadiri Launching HIPMI Goes To School

Rabu, 29 Maret 2017, 11:44

SEMUA AKAN INDAH PADA WAKTUNYA: PARA SISWA TETAP SEMANGAT IKUTI TRY OUT KE-5 UNBK MAN 21 JAKARTA