Kamis, 18 Juli 2013, 13:09 –
KERUKUNAN ADALAH ROH KEHIDUPAN BANGSA DAN NEGARA

Jakarta (INHUM) – Kerukunan adalah roh kehidupan bangsa dan negara, suatu bangsa dan negara akan berjalan nyaman dan tentram apabila roh kerukunannya hidup berjalan seimbang dengan perkembangan hidup umat beragama, kata Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag DKI Jakarta H. Saiful Mujab, MA yang didampingi Kasubbag Hukum dan KUB H. Drs. Taufik, MM dalam pembukaan acara rapat koordinasi kerukunan umat beragama yang diadakan oleh Subbag Hukum dan Kerukunan Umat Beragama Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta di Kawanua Aerotel, Selasa (16/07).

Sesuai dengan visi Kementerian Agama “Terwujudnya masyarakat Indonesia yang TAAT BERAGAMA, RUKUN, CERDAS, MANDIRI DAN SEJAHTERA LAHIR BATIN’. Taat yaitu menjalankan agama sesuai dengan agamanya masing – masing. Rukun yang terdiri dari tiga pilar kerukunan yaitu memahami bahwa kerukunan adalah roh kehidupan suatu bangsa, memahami perbedaan, mengakui kebersamaan dengan perbedaan dan dengan tujuan yang sama. Sehingga dalam visinya Kementerian Agama berkomitmen untuk meningkatan kualitas kehidupan umat beragama dan meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama, kata Saiful Mujab.

Masih dalam sambutannya Kabag TU juga menyampaikan, ada beberapa komponen yang harus dijaga yaitu kerukunan interen antar umat beragama, kerukunan antar umat beragama dan kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah. Untuk itu melaui rapat koordinasi Kerukunan Umat beragama, Pemerintah berharap para tokoh agama dapat bekerjasama dan saling membantu mengawal kerukunan umat beragama dengan menggunakan buku besar Peraturan Bersama Menteri nomor 8 dan 9 tahun 2006.

Dalam rapat koordinasi kerukunan umat beragama yang bertema “Dengan Rapat Koordinasi Kita Tingkatkan Pelayanan Dalam Pendirian Rumah Ibadat di Lingkungan Prov. DKI Jakarta” ini dihadiri oleh para tokoh agama, para pembimas, Forum Kerukunan Umat beragama DKI Jakarta dan perwakilan Kankemenag DKI Jakarta. (NIT)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.018477 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.54
Jumlah pengunjung: 359976
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.